Senin, 15 Oktober 2012

Tiga Bagian Otak Manusia

Pembagian otak manusia dinamakan juga sebagai otak Triune. Istilah otak Triune diajukan pertama kali oleh Dr.Paul MacLean (tahun 1960an). Dalam teorinya ini Dr.Paul membagi otak manusia ke dalam tiga tingkat:

  1. Reptillian Complex;
  2. Limbic System; dan
  3. Neocortex System.



Reptillian Complex adalah otak primitif yang selain terdapat pada manusia juga terdapat pada hewan mamalia, reptil, amfibi, dan burung. Otak ini merupakan tempat bersemayamnya naluri bertahan hidup. Otak ini bersifat egosentris, hanya memikirkan dirinya sendiri. Otak ini selalu berorientasi bagaimana untuk bertahan hidup. Tidak heran otak ini mengatur 4 naluri dasar manusia:
  • Makan dan Minum
  • Reproduksi
  • Naluri Fight or Flight (bertarung atau melarikan diri).
  • Naluri Kepemilikan dan Teritorial

Limbic System adalah otak yang berkembang hanya pada manusia dan hewan mamalia. Otak ini merupakan tempat bersemayamnya emosi dan perilaku. Berbeda dengan Reptilian Complex yang egois, Limbic system berfungsi sosial. Limbic System mengatur bagaimana interaksi individu dengan spesies sejenisnya agar spesiesnya bisa bertahan hidup. Makanya Limbic System disebut-sebut merupakan sumber perilaku pengasuhan dan bahasa tubuh.

Neocortex system adalah otak yang berkembang hanya pada manusia. Otak ini memiliki kemampuan untuk abstraksi, bahasa lisan, perencanaan, dan pengambilan keputusan. Bisa dibilang otak ini merupakan otak yang menjadikan manusia itu manusia seutuhnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What do you think?? Share it here :)