Jumat, 05 Oktober 2012

Tips Sederhana Mengatur Waktu

Jadi kali ini, terus terang bukan saya yang menyederhanakan. Tips ini saya sarikan dari buku berjudul "18 Minutes" karya Peter Bregman (selanjutnya saya sebut om Peter).

Kebetulan, saya suka beberapa caranya menyederhanakan bagaimana mengatur waktu.. Hehehe

Mengenai Hukum Pareto (Hukum 80/20)
Premis dasar dari hukum Pareto yang om Peter terapkan dalam bagaimana mengatur waktu adalah:
80% kegiatan yang biasanya ada dalam daftar To-Do list kita adalah kegiatan yang kurang penting yang hanya menyumbang 20% hasil untuk kesuksesan kita. Sebaliknya, hanya ada 20% kegiatan yang benar-benar penting yang menyumbang sekitar 80% hasil untuk kesuksesan kita.
Jadi, mana yang mau kita pilih? Mengerjakan yang 80% tetapi hanya menghasilkan 20% atau mengerjakan yang 20% yang menghasilkan 80%?

Mengenai Fokus
Dalam hal ini om Peter meng-ilustrasikan-nya dengan menghadiri meja makan prasmanan. Makanannya terlihat enak-enak sehingga menggodanya untuk menyicipi semuanya. Akhirnya kerap kali ia pulang dengan perut tidak nyaman. Hehehe..
Sama seperti mengatur waktu, jika kita mencoba menyelesaikan segalanya kita akan kewalahan sendiri.

Coba jika menghadiri meja makan dan hanya mengambil macam makanan yang benar-benar enak dengan membatasi jumlah macamnya (om Peter membatasinya dengan jumlah 5, namun terserah Anda mau membatasinya sampai berapa).


Untuk menentukan kegiatan apa saja yang perlu kita fokuskan maka kita dapat membuat matriks fokus hidup tahunan seperti ini:


Matriks di atas adalah contoh jika kita memilih lima fokus hidup kita untuk tahun yang sedang berjalan. Selanjutnya setelah matriks tahunan dibuat maka lanjutkan ini dengan Matriks fokus harian. Bentuknya sama, hanya saja pada field-field-nya daftarkan kegiatan harian yang sesuai dengan lima bidang fokus hidup yang telah Anda buat pada matriks fokus tahunan.

Setelah itu, habiskan 95% waktu sehari Anda untuk kegiatan yang terkait fokus hidup Anda dan sisakan 5% saja untuk kegiatan remeh temeh.


Saya pikir pesan intinya adalah:



"Jangan mencoba menyelesaikan segalanya, atau Anda akan kewalahan. Sebaliknya selesaikan saja hal-hal yang TERPENTING maka Anda akan jauh lebih produktif."
 Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What do you think?? Share it here :)