Selasa, 02 Oktober 2012

Tips Simple Belajar Bahasa Asing dalam Waktu Singkat part 2 (Mencari Aturan Kunci)


Ok, dalam postingan saya sebelumnya disini, saya katakan ada orang-orang luar biasa yang bisa menguasai bahasa asing dalam waktu sangat singkat daripada biasanya. Tiga bulan, sebulan, bahkan dalam hitungan minggu. Wow :o

Tahukah Anda, kita pun bisa belajar dalam waktu yang cukup singkat dengan beberapa tahap saja. Think Simply tapi jangan menghilangkan esensi-nya. Cara Simple untuk menguasai bahasa dalam waktu singkat adalah:


“Cari apa aturan kunci dari bahasa yang ingin kita pelajari”

Menurut pengalaman saya dalam mempelajari berbagai macam bahasa, setiap bahasa pasti memiliki minimal 2 sampai 4 aturan kunci. Jika kita berhasil menemukannya maka bahasa tersebut akan dapat dikuasai dalam waktu lebih singkat daripada biasanya.

Lalu bagaimana mencari aturan kunci tersebut?

Pertama, (tentu saja) pelajari latar belakang sosial serta pola pikir penutur bahasa yang ingin dipelajari. Hal ini akan sangat berguna dalam memilah-milih fokus pembelajaran kita. Satu kelemahan dari banyak kurikulum pengajaran bahasa yang beredar sekarang adalah ia disusun “terlalu lengkap” (baca: terlalu ribet). Padahal yang dibutuhkan oleh pelajar bahasa bukanlah materi yang lengkap, melainkan materi yang terpenting saja.

Kedua, pelajari tipologi bahasa tersebut. Jangan remehkan pengetahuan klasifikasi bahasa, dari hal-hal seperti itu lah kita akan menemukan aturan kuncinya. Tipologi yang perlu kita selidiki dalam suatu bahasa adalah fonologi-nya, pembentukan kata-nya, pembentukan frase-nya, dan pembentukan kalimat-nya.

 Jika Anda sulit membayangkan bagaimana tahap-tahap tersebut dilaksanakan maka lihat saja contoh dari saya pada post-post saya selanjutnya. J

Setelah mendapatkan aturan kunci, baru kemudian kumpulkan kosa kata (dan kosa frase). Cara mengumpulkan kosa kata juga simple saja, awalnya cari 40 kosa kata paling frekuen (paling sering digunakan dalam bahasa tersebut). Kosa kata tersebut biasanya berupa Kata Tunjuk, Kata Ganti, beberapa Kata Depan, Bilangan, serta beberapa Kata Benda (tergantung bagaimana sistem kategorisasi kata dalam bahasa tersebut). Dua hari biasanya cukup untuk mengumpulkan 40 kata. Selanjutnya adalah menambah 100 kosa kata berupa Kata Kerja, Kata Sifat, dan Kata Benda lain dalam seminggu. Setelah itu secara bertahap kosa kata akan terbangun sendiri. Tergantung ketekunan kita dalam belajar.

Bagaimana? Belum cukup Simple?

Pada post-post berikutnya, saya akan lebih menyederhanakannya untuk Anda J



# Panduan Tipologi Bahasa disini

# Aturan Kunci Bahasa Inggris disini

# Aturan Kunci Bahasa Jepang disini

# Aturan Kunci Bahasa Arab disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What do you think?? Share it here :)