Minggu, 28 Oktober 2012

Cara Cerdas Menghafal Huruf Kanji (Jepang)

Menguasai huruf Kanji merupakan impian banyak orang. Macam-macam alasannya, entah karena kebutuhan, karena minat, untuk senang-senang, atau bahkan untuk pamer :p
Whatever alasan Anda, Anda pasti setuju huruf Kanji itu indah. ^_^
Kan artinya Cina, Ji artinya Tulisan. Maka Kanji berarti: tulisan Cina.

Lihat? Indah bukan? :)

Indah memang, tapi sebagian besar orang merasa kurang percaya diri mempelajarinya. Guratan-guratannya terlihat "wow rumit". Padahal itu kelihatannya saja lho.. ^_^

Pada post kali ini saya hanya memfokuskan pembahasan pada "menghafal Kanji". Maksudnya yaitu menghafal bentuknya. Belum cara membacanya.


YANG DILAKUKAN ORANG KEBANYAKAN DALAM BELAJAR KANJI
Yaitu dengan mempelajarinya sesuai jumlah guratan-guratannya. Mulai dari kanji berguratan 1, 2, 3, dst. sampai guratan 23. Cara belajar kanji seperti ini sangat populer, dan juga merupakan cara belajar kanji di sekolah-sekolah di Jepang. Tidak heran untuk bisa menguasai sekitar 2000 kanji saja, anak-anak Jepang butuh 12 tahun!

Nah, sekarang Anda ingin belajar Kanji, apakah Anda punya waktu sebanyak itu? Saya kira tidak, bukan?

Kalo Anda ingin menguasai Kanji dalam waktu cepat, Anda harus punya cara yang cerdas. :)


UBAH MINDSET
Huruf Kanji berasal dari piktograf Cina sejak tahun 2000 SM. Piktograf adalah gambar yang dipakai sebagai tulisan. Piktograf diinspirasi dari alam sekitar. Seiring zaman piktograf-piktograf tersebut berubah bentuk hingga menjadi Kanji yang kita kenal sekarang.

Piktograf diinspirasi dari benda-benda alam
Piktograf lambat laun ber-evolusi hingga menjadi Kanji yang kita kenal sekarang
Jadi sebenarnya, Kanji adalah gambar-gambar yang digunakan untuk menyampaikan maksud seperti tulisan.


KENALI RADIKAL (bu shou)
Radikal adalah bagian-bagian Kanji yang berasal dari gambar piktograf. Radikal biasanya digunakan untuk meng-index Kanji dalam kamus. Namun ternyata radikal bisa juga digunakan untuk menghafal Kanji!

Nah begini, setiap kanji tersusun dari 1 s.d. 7 radikal. Ada kanji yang berupa satu radikal, ada kanji yang tersusun dari dua radikal, tiga radikal dan seterusnya. Bisa dibilang, tidak ada kanji yang tidak terdiri dari radikal. Daripada mumet menghafal Kanji berdasarkan jumlah guratan, lebih baik menghafal berdasarkan Radikal apa saja yang menyusunnya. 

Saya ilustrasikan dengan huruf:
Terang
Bagi pelajar yang mempelajari kanji berdasarkan jumlah guratan huruf ini termasuk huruf 9 guratan (hitung sendiri deh :p). Namun jika Anda melihatnya dari sudut pandang radikal, huruf ini terdiri dari 2 radikal, yaitu radikal "matahari" di sebelah kiri dan radikal "bulan" di sebelah kanan. Kedua radikal ini membentuk huruf yang berarti: "terang".

Saya coba lagi dengan yang "terlihat" lebih rumit:
Istri
Huruf ini terdiri dari 9 guratan, namun secara radikal, huruf yang kelihatan rumit ini mempunyai 2 radikal yaitu radikal "sapu" di atas dan radikal "wanita" di bawah. Kedua radikal ini menyusun huruf yang bermakna "istri" (jaman dahulu di Cina, sapu dianggap sebagai lambang penguasaan rumah).

Gambar berikut juga patut diperhatikan :)
huruf-huruf yang tersusun dari tiga radikal yang sama
Menurut penelitian saya, kanji yang paling rumit pun maksimal terdiri dari 7 radikal saja. Adapun kanji-kanji yang sering digunakan dalam penulisan sehari-hari adalah Kanji-kanji yang terdiri dari minimal satu radikal sampai empat radikal.

Mana yang lebih praktis dan lebih cepat: menghafal satu kanji berdasarkan radikal-radikal penyusunnya atau menghafal satu Kanji dengan menghafal setiap posisi dan urutan guratan Kanji tersebut? :)


LALU? CARA SEPERTI APA YANG BISA ANDA LAKUKAN?
Pertama, tentu saja menghafal radikal. Radikal yang didaftarkan oleh Kaisar Kang Xi ada 214. Namun menghafal setengahnya saja sudah cukup mantap untuk bekal menghafal (bentuk) Kanji. Daftar radikal Kang Xi klik disini.
Catatan penting: berlatih lah mengenali dan menulis radikal seperti waktu Anda belajar huruf alfabet (A-Z). Ingat-ingat nama setiap radikal, misalnya, radikal "manusia", "matahari", "bulan", "air", "api", "tanah" "pohon", dsb. Jika Anda serius melatih pengenalan dan penulisan radikal, maka mengenali dan menulis Kanji kelak akan semudah Anda mengenali dan menulis huruf Latin! Percayalah! :O
Kedua, carilah daftar Kanji untuk dihafal. Minimal daftar Jouyou Kanji. Tanya mbah Google lah. Hafal bentuk kanji beserta maknanya. Lebih baik lagi jika Anda langsung melatih cara menulisnya. Sebaiknya, jangan dulu menghafal bunyinya.
Ketiga, setelah cukup mantap dalam menghafal bentuk Kanji baru pelajari cara baca Kanji, tapi tapi tapi, tunggu sebentar. Saran saya: Jangan Mempelajari Cara Baca Kanji secara Satu per Satu (Learning by Isolation)! Akan lebih menghemat waktu jika Anda mempelajari bunyi Kanji dari kata yang disusunnya. Ingat kita bukan sedang belajar huruf Latin. Mau tahu kenapa?

58 komentar:

  1. susahnya ampun dech. Ga paham2 belajar kanji

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar lah Radikal, bung Aat :)
      Saya pun dulu sulit sekali menghafal kanji karena berpandangan bahwa kanji itu berupa gores-goresan yang entah kenapa disusun sedemikian rupa seperti itu.

      Namun sejak mempelajari Radikal, saya sadar bahwa bentuk dan makna huruf sangat tergantung dengan radikal apa saja yang menyusunnya. Radikal-radikal itu sendiri memiliki makna-makna tersendiri sesuai bentuk orang Cina meniru objek dari alam. Radikal-radikal bagaikan gambar lihatlah misalnya radikal "manusia" mirip gambar manusia, radikal "bulan" mirip gambar bulan, radikal "api" mirip gambar api.
      Nah dari kombinasi dari bermacam-macam radikal (gambar) itu lah yang membentuk makna dan bentuk sebuah huruf Kanji. :)

      Jadi, jangan menyamakan satu huruf kanji sebagai satu huruf. Tapi samakan satu huruf kanji sebagai satu buah lukisan yang terdiri dari gambar-gambar berbeda. :)

      Hapus
    2. mas kalo penulisan "reinkarnasi" dalam huruf kanji itu gimana ya mas...
      atau dalan katakana..


      thanxs

      Hapus
  2. wah..tepat sekali neh sepertinya..
    radical memorizing is the key !

    saya sedang belajar bahasa jepang, namun masih kurang faham memorizing the kanji..sebelum baca tulisan di blog neh..

    bagi yg punya buku2 nihon go learning bisa kah di pinjamkan ke saya??
    hehe..

    hubungi saya di 08896226541

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup. Radical memorizing memang sangat memudahkan. :)

      Hapus
    2. modahnya dari segi mana mhon bntunya?

      Hapus
  3. すごいこれ、本当に手伝った。ありがとう

    BalasHapus
  4. kalo nama bisa ga dibuat tulisan misalnya "andri ferdian"?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama Jepang bisa ditulis dengan Kanji namun nama non-Jepang biasa ditulis dengan Katakana, bukan Kanji. Menulis nama non-Jepang dengan Kanji akan sangat sulit, karena pengucapan nama non-Jepang biasanya tidak sinkron dengan pengucapan Kanji.

      Lagipula alasan Kanji diciptakan beribu-ribu tahun lalu bukanlah sebagai pelambang bunyi melainkan hanya sebagai pelambang makna. Apa makna dari nama misalnya "andri ferdian"? Tidak ada kan? Maka nama non-Jepang yang biasanya tidak bermakna tidak cocok ditulis menggunakan Kanji, melainkan menggunakan Katakana.

      Anda mungkin belum mengetahui ini namun faktanya setiap nama Jepang baik nama keluarga maupun nama pemberian memiliki makna sendiri. Oleh karena itu nama Jepang cocok ditulis dengan Kanji. :)
      http://www.aboutnames.ch/japanese.htm

      Hapus
  5. kanji di google translate kok gak sama? Misal aku translate pohon ke bhs. China shu malah kanji nya makin ruwet gk kya di atas. Gmn tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pohon apa dulu hayoo? :)

      Pohon bahasa Indonesia sungguh luas maknanya misalnya ada pohon, pohon2an, atau pohon struktur, dan pohon2 atau pohon2an lainnya.

      Bahasa Cina sangat spesifik mengenai alam sekitar mereka. Mereka membedakan kata untuk pohon ini dengan pohon itu, membedakan antara pohon dengan pohon2an dengan hal2 yang mirip dengan pohon. Jadi berhati2lah! Tidak ada bahasa yang memiliki pola pikir yang persis sama. Bahasa Indonesia tidak membedakan pohon kayu dengan diagram pohon(selama bentuknya terkait atau mirip dengan pohon, bahasa Indonesia tetap menggunakan kata "pohon"), namun bahasa Cina membedakan keduanya dengan dua kata berbeda: "shu" dengan "mu".

      Adapun bahasa Jepang, hati2 jangan sampai Anda tidak dapat membedakan tulisan Jepang dengan tulisan Cina lho. Sepintas kanji kelihatannya mirip dengan hanzi. Namun keduanya memiliki beberapa perbedaan.

      Perlu diketahui bahwa huruf Kanji dan Hanzi ber-evolusi dari waktu ke waktu. Sejak Hanzi ditemukan di Cina sekitar 3500 tahun yang lalu, hanzi ber-evolusi sedikit demi sedikit sebagai upaya orang Cina memudahkan penulisannya. Nah, Hanzi masuk ke Jepang sebagai Kanji pada sekitar Era Dinasti Han Timur dan Era-era Dinasti sesudahnya (yaitu ketika Hanzi sudah ber-evolusi sekitar 1000 tahun). Setelah itu baik Bangsa Cina maupun Bangsa Jepang terus mengubah-ubah bentuk Kanji sebagai usaha mempermudah penulisan Hanzi dan Kanji. Cara Hanzi ber-evolusi pun berbeda dengan cara Kanji ber-evolusi.

      Belajar lah dengan tekun, Anda dapat melihat perbedaannya :)

      Hapus
  6. Ano... Bukannya kanji yg terang itu 8 guratan ya? ._.a

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, tadashii desu :)
      saya yang salah hitung.. hehe
      terima kasih koreksinya :)

      Hapus
  7. Om, bisa tolong buat kan tulisan IKADA atau I KA DA dalam tulisan huruf hiragan atau katakana?
    Tolong yah om di whatsapp gambarnya 089601528358

    BalasHapus
  8. Makasih banyak atas article-y, this really helps me a lot :D

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. om guratan apaan, sory tadi koment dihapus soal'a salah tulis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. guratan itu garis-garis yang menyusun karakter.. misalnya kalo di alfabet latin, huruf A 3 guratan, B 3 guratan, C 1 guratan. Tapi dalam alfabet Latin kita gak menyusunnya sesuai jumlah guratan karena huruf alfabet hanya sedikit, hanya 26.
      Sedangkan Kanji bisa mencapai puluhan ribu karakter. Nah untuk mengurutkan puluhan ribu karakter tersebut digunakan lah jumlah guratan. Jadi karakter Kanji diurut dari Kanji berguratan 1 sampai kanji berguratan 23. Begitu :)

      Hapus
  11. mau koment, yg penulisan kanjiya, itu bukan 9 guratan tapi 8 guratan. ^_~v

    BalasHapus
  12. halo, ada website yg isinya list radical kanji yg recommended tidak?
    saya mau mulai belajar kanji, sepertinya mudah jika di lakukan dengan tekun. Thanks :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hello juga, untuk website saya menyarankan "Texfugu" dan program menghafal kanjinya yang bernama "Wanikani".. untuk buku saya menyarankan "Remembering the Kanji part 1" karya James Heisig... untuk aplikasi Android saya menyarankan "Kanji Renshuu"

      Hapus
  13. makasih tipsnya :) saya mahasiswa baru jurusan sastra Jepang. Minggu pertama udah langsung di suruh ngapalin 63 kanji, dan beehhh belum apal-apal sampe sekarang hehe kok jadi curhat ya :D

    BalasHapus
  14. guys, saya masih pemula dan baru hafal hiragana, apakah terlalu cepat jika langsung belajar kanji ? (katakana belum terlalu hafal)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut hemat saya, mantapkan dulu kana. Terutama mantapkan dulu hiragana mu jika kamu pengen cepat belajar kanji.

      Hapus
  15. wahh...keliatan sih mudah tapi susah untuk di plajari @_@ bingung ama garis'y hehehehe :D

    tapi tdk ada salah'y untuk mencoba ^^ *Semakin berusaha bljr pasti hasil'y memuaskan ;)
    Thx buat Blognya sangat membantu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makin lama akan makin terbiasa dengan pola2nya :)
      ganbatte :)

      Hapus
  16. tanya,jadi orang jepang memiliki tiga bahasa yg dicampur.
    hiragana,katakana,kanji/masih ada lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan tiga bahasa. Bahasanya hanya 1 yaitu bahasa Jepang, tapi untuk menuliskan bahasa Jepang menggunakan kombinasi dari 3 sistem tulisan: yaitu hiragana, katakana, dan kanji. Terkadang huruf Latin (Romaji) digunakan, namun sangat jarang. Orang Jepang lebih nyaman pake 3 sistem tulisan di atas.

      Hapus
  17. butuh waktu berapa lama anda dalam mempelajari huruf kanji?

    BalasHapus
  18. stress gua belajar kanji...

    BalasHapus
  19. sangat bermanfaat, arigatou senpai ^_^

    BalasHapus
  20. Ini nih cara yg aku cari2,,di referensi manapun nyaraninnya ngehafal kanji pake sistem drilling neraka...,,kalau ngehafalin beberapa sih bisa tpi kalau udah menyentuh ratusan tnpa adanya lingkungan yg mnuntut penggunaan kanji kyak di jepang psti bisa gila,,
    Arigatou gozaimasu sensei,,info2nya brmanfaat.....

    BalasHapus
  21. salah satu manfaat kanji yaitu menghemat buku
    tapi untuk mempelajarinya membelah kepala jadi 4

    BalasHapus
  22. salah satu manfaat kanji yaitu menghemat buku
    tapi untuk mempelajarinya membelah kepala jadi 4

    BalasHapus
  23. Bolehkah menghafal kanji tu berdasarkan kosakata yang dihafal,karena ada beberapa kosakata yang bunyinya sama,tapi simbolnya beda,bisa kan?

    BalasHapus
  24. Klo gini mah masih mudah belajar baca hangeul:3

    BalasHapus
  25. 屁屁屁 須佐ふにゃ観んた飴分

    BalasHapus
  26. Bujukkk buneng.. ribet banget da'ah.. ya emang dari sononya banyak sih kalo kanji. semoga bisa... pertama sebelum menghafal huruf kanji atau yang lain pastikan siapkan diri dahulu baik itu fisik ataupun mental karena kalau capek pasti susah juga ngapalinnya. demi tujuan. masih ada dua tahun lagi demi mencapai target. saya harus bisa bahasa jepang dan korea. yah semoga bisa! makasih buat tipsnya... doa in biar saya cepat bisa bahasa jepang dengan baik nan benar.

    BalasHapus
  27. Dear, Admin
    Apa ada buku khusus yang mempelajari kanji/hanzi dengan cara 'radikal' seperti di atas?
    Trmkasih

    BalasHapus
  28. Mohon maaf baru aja buka. Tadi telah dijelaskan bahwa kanji tersusun dari beberapa radikal. Kanji電 tersusun dari radikal “hujan” sama radikal apa ya? Saya cari di tabel nggak ada, sama 雪 , di bawah itu radikal apa sih ? Makasih

    BalasHapus
  29. Ella nee-san hontou ni arigatou na.. Kak ella boleh aku minta email kakak? Aku mau privat belajar kanji sama kakak 😊

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. mau nanya boleh kaa:)
    1.apa boleh kalimat yg ada huruf kanjinya diganti pakai hiragana atau katakana saja?
    2. apa ada aturan pemakaian kanji pada kalimat?
    3. jadi, apa kalimat jepang boleh disusun dengan hiragana saja, katakana saja atau hira campur kata? tanpa kanji yaa

    maaf kebanyakan hehe, soalnya ngga tau:)) makasiih kaaa:))

    BalasHapus
  32. kalo mau belajar tulisan jepang apa harus belajar hiragana dulu ? atau bisa langsung tulisan kanji

    BalasHapus
  33. Kalau Susan coba pakai metode Dari Sinka Gakuen di WWW.cara-ingat-kanji.blogspot.com

    BalasHapus
  34. Kami menyediakan Tenda untuk berbagai jenis acara outdor diantaranya :


    *Tenda Roder / Tenda Hanggar / Tenda Dome dengan bahan Tiang alumunium, Dinding dan Atap PVC (PVC atap 850gr Blackout, Pvc dinding 550gr Blackout).


    Tenda Roder sendiri biasa di gunakan sebagai:
    -Tenda vaksinasi
    -Tenda darurat Rumah sakit
    -Posko Pengungsian
    -Tenda Peresmian
    -Tenda Pameran
    -Tenda Gudang, dan masihbanyak fungsi lainnya


    Tenda Roder sendiri memiliki beberapa bentangan yaitu bentangan 10, 15, dan 20. untuk panjangnya sendiri terhitung dari kelipatan 5 (cth: 5, 10, 15, 20 dst)


    *Tenda Transparan
    Tenda transparan itu memiliki kesan yang elegant karna bisa menampilkan suasana luar tenda dan sinar matahari ataupun binar binar luar tenda di malam hari, Tenda Transparan biasanya digunakan untuk:
    -Acara Wedding
    -Acara pesta
    -Acara pesta malam
    -Acara Event dan masih banyak lagi kegunaannya.


    *Tenda Kerucut / Tenda Sarnavil
    biasanya memiliki kegunaan untuk:
    -Bilik desinfektan
    -Event outdor
    -Posko pengamanan covid
    -Posko Polisi sementara



    *Keunggulan Tenda Roder

    Aplikasi Tenda Roder ini bisa memenuhi seluruh aspek acara mulai dari yang sifatnya komersial hingga bersifat emosional. Tenda ini mampu mengakomodasi kebutuhan dan kenyamaan penghuni maupun barang - barang didalamnya. Tenda ini juga mampu bertahan dengan kokoh meski tertiup angin saat hujan. Selain itu beberapa keunggulan lainnya yaitu :

    - Mudah Untuk Diinstalasi

    - Bersifat Portable / semi permanen

    - Desain Bervariasi / Dapat di sesuaikan dengan keinginan anda

    - Tidak memelukan IMB (ijin membangun bangunam)

    - Nyaman digunakan karena menggunakan material yang tahan terhadap sinar UV

    - Tempat Terbaik penyimpanan Barang Infustri



    Untuk infirmasi pesanan lebih lanjut anda bia menghubungi 081316140397 RAHMA.
    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci Tangerang.

    SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00

    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/

    https://tendagudangbogor.blogspot.com/

    https://id.pinterest.com/tangerang0290/

    https://twitter.com/TangerangRoder

    https://www.instagram.com/tendarodertangerang1/

    https://sites.google.com/d/13ngcAypBp3gn-PdcA7XaRjpYZH8Cu3kM/p/1THW6hgDfmbFrFrMj9qbjdbOh4Fg7_



    #tendamurah #sewatendamurah #jualtenda #jualtendamurah #jualsewatenda #jualsewatendamurah #tendamembran #tendahanggar #tendasarnafil #tendabazar #tendakerucut #tendagudang #tendajualan #tendadarurat #tendavaksin #tendaevent #tendaroder #tendapabrik #tendacafe #tendajabodetabek #tendatangerang #tendabogor #tendalaris #tendakerucut #tendapameran #tendakarnaval #tendavaksinasi #tendakerucut #tenda #jualtenda #jualtendajakarta

    BalasHapus

What do you think?? Share it here :)