Jumat, 19 Oktober 2012

Cara Belajar Kosa Kata Bahasa Asing yang Hemat Waktu dan Efektif


Setiap orang ingin menguasai bahasa asing (yang ingin dipelajarinya) dalam waktu cepat kan? Termasuk Anda kan? Bukankah keinginan Anda memicu rasa ingin tahu Anda untuk membaca artikel ini? J

Memang untuk mempelajari bahasa asing, setiap pembelajar menginginkan agar bahasa tersebut dapat “ditaklukkan” dalam tempo sesingkat-singkatnya. Masak iya mau memakan waktu bertahun-tahun buat belajar satu bahasa baru saja? Kayak bayi dong? Hehe..

Namun keinginan biasanya tinggal keinginan. Mayoritas pembelajar bahasa asing biasanya memakan waktu bertahun-tahun untuk belajar satu bahasa saja. Ini disebabkan selain waktu yang serba terbatas, juga cara lama yang memakan waktu lama tetapi tetap dipraktekkan.

Dalam belajar suatu bahasa, biasanya ada tiga kategori utama yang dipelajari: Grammar (tata bahasa), Kosa Kata, dan Tulisan (terutama jika sistem tulisannya berbeda dari yang biasa kita baca.

Belajar Grammar biasanya tidak butuh waktu yang lama, yah, kecuali jika pembelajar suka merepot-repotkan diri sendiri dengan grammar pasti butuh waktu yang lama juga. Belajar tulisan juga biasanya tidak butuh waktu lama (kecuali menguasai huruf Hanzi mungkin?). Yang biasanya memakan waktu lama adalah mengembangkan kosa kata. Karena hampir tidak ada bahasa yang kosa katanya tidak melampaui jumlah 1000. Bisa dibilang block terbesar para pembelajar bahasa dalam menguasai bahasa asing tersebut  adalah selalu merasa kurang kosa kata.

Jika belajar grammar ada “kunci”nya (lihat posting disini), begitu juga dengan belajar kosa kata: ada kuncinya. Pembelajar bahasa asing pada umumnya tidak menyadari hal ini, sehingga pada umumnya mereka belajar dengan cara “biasa”: menghafal dan menghafal. Menghafal memang tidak salah akan tetapi yang patut disayangkan adalah banyak pembelajar yang tidak mengalami kemajuan dalam berbahasanya karena:
Mereka menghafal kosa kata yang tidak esensial.

Tidak esensial karena kosa kata tersebut sangat jarang digunakan yang bahkan penutur asli bahasa asing tersebut mayoritas tidak mengetahui maknanya. Kosa kata yang tidak esensial tidak lazim digunakan dalam kalimat berkonteks dan berguna secara umum. Sayangnya kosa kata yang tidak esensial ini mengisi 80% kamus padahal 80% tersebut hanya 20% digunakan dalam komunikasi (kalimat) sebenarnya. Sebaliknya walaupun kosa kata esensial hanya mengisi 20% kamus namun dalam kenyataannya kosa kata esensial ini digunakan dalam 80% komunikasi (kalimat) sebenarnya.



Melihat penjelasan di atas jadi teringat penjelasan Hukum Pareto (Hukum 80/20) disini.

Anda mungkin sudah bisa menebak cara apa yang saya akan tuliskan disini? Ya, benar sekali! Cara belajar kosa kata bahasa asing yang hemat waktu dan efektif adalah: Mendahulukan Mempelajari Kosa Kata Esensial. (Saya menambahkan kata “mendahulukan...” agar Anda tidak berfikiran saya menganjurkan tidak mempelajari kosa kata tidak esensial. Pelajari semua kosa kata yang bisa dipelajari tapi please dahulukan yang esensial dulu).

 Artinya, tahap pertama belajar kosa kata adalah memilah-milih dulu kata-kata seperti apa yang perlu didahulukan untuk dipelajari.

Biasanya pelajar bahasa asing kebingungan dengan hal ini, akibatnya mereka mempelajari kosa kata yang “belum” mereka perlukan. Padahal jika mereka menguasai kosa kata esensial terlebih dahulu, maka bisa dibilang mereka sudah 80% bisa berbicara bahasa asing tersebut. Bagaimana? Hemat waktu (sedikit yang dipelajari) dan efektif (bisa langsung dimanfaatkan), kan?

Di post Kosa Kata Bahasa Asing Seperti Apayang Lebih Pantas Didahulukan? saya akan mendaftarkan kosa kata esensial yang kudu dipelajari terlebih dahulu jika Anda ingin cepat bisa menguasai suatu bahasa asing.

6 komentar:

  1. ray, blog kamu damn cool. posting tips lain ya ray buat englisnya. saya belajar banyak dari sini.

    BalasHapus
  2. makasih ita :)
    ya, insyaa Allah kalo ada tips lainnya ta' posting :)

    BalasHapus
  3. satu lagi masa, harus punya komitmen !!! hehehe

    BalasHapus
  4. terima kasih :)

    m_harun.rosyid@ymail.com

    BalasHapus
  5. wahh aku suka bgt tulisan2nya....ku seharian ini ngabisin waktu di blog ini, karena memang menarik sekali. lanjutkan yah :)

    BalasHapus

What do you think?? Share it here :)