Minggu, 07 Oktober 2012

(Potensi) Setiap Manusia Itu Seperti (Potensi) Karakter Hero DotA

Siapa yang tidak kenal game DotA? Anda tahu kan? Tahu kan? Atau Anda tidak tahu? Kalo Anda tidak tahu, tanya deh mbah Google...hehehe

DotA (Defense of the Ancients) adalah salah satu game strategy RPG yang bisa Anda mainkan online maupun offline. Gameplay-nya solid dan addictive (bisa mengakibatkan kecanduan) terutama kalo dimainkan bersama teman-teman ;) Turnamennya diselenggarakan hingga tingkat internasional. Pokoknya gamenya bergengsi banget lah. ;)

Yang menjadi inti dari permainan DotA adalah para Hero-nya yang berjumlah 108 (dan mungkin akan bertambah lagi). Tidak ada Hero yang sama, bahkan yang mendekati sama pun sulit ditemukan saking uniknya tiap Hero.

Selain bentuk fisik yang berbeda-beda, atribut & skill juga membuat masing-masing Hero menjadi unik. Gaya memainkannya pun menjadi berbeda, bahkan Perlengkapan dan Item-item yang efektif untuk Hero-hero tersebut menjadi beda.

Secara garis besar, Hero-hero DotA dibedakan ke dalam 3 kategori berdasarkan atributnya yang paling menonjol:
  • Strenght (Kekuatan). Hero-hero kategori ini memiliki fisik yang kuat.
  • Agility (Kelincahan). Hero-hero kategori ini memiliki kecepatan dan ketangkasan namun biasanya lebih lemah fisiknya daripada Strenght.
  • Intelligence (Kecerdasan). Hero-hero kategori ini memiliki kecerdasan dan skill-skill yang sangat beragam untuk digunakan.

Uniknya 108 Hero DotA tidak ada yang lebih unggul daripada yang lain. Hero kategori Strenght belum tentu bisa menggilas hero dari kategori lain, begitu juga hero kategori Agilty atau Intelligence belum tentu bisa menggilas hero kategori lain.

Skill-skill yang dimiliki masing-masing Hero pun unik satu sama lain, sehingga membuat Hero memiliki kecenderungan memiliki peran-peran tertentu dalam tim. Misalnya sebagai Tanker, Carrier, Hitter, Nuker, Ganker, Supporter, dsb.

 Hanya ada satu hal yang bisa membuat Hero unggul atas yang Hero lainnya, pemain DotA di Indonesia mengistilahkannya “karakternya ‘jadi’ ”

Maksud “jadi” disini adalah:
 Potensinya berhasil digali dengan maksimal.

 Ketika seorang Hero telah ‘jadi’, maka ia bisa saja dengan mudah membantai Hero-hero musuh sehingga Hero-hero musuh tidak bisa berkembang dengan baik dan akhirnya jurang lebar antara Hero yang ‘jadi’ dengan Hero yang tidak ‘jadi’ menjadi semakin lebar, hingga kemenangan salah satu pihak tiba.
Stygwyr yang sudah 'jadi' ini mampu membantai 4 hero musuh sekaligus. (Ultra Kill)


SAMA SEPERTI DALAM KENYATAAN HIDUP KITA
Ada manusia yang berhasil menemukan potensinya lalu menggalinya dengan maksimal. Ada yang menemukan potensinya namun dia menyia-nyiakannya, dan ada pula yang tidak berhasil menemukan potensinya atau tidak bisa mengembangkannya secara maksimal kemudian hidupnya makin lama makin menyedihkan.

Jika manusia dikategorikan berdasarkan atribut kemampuan yang paling menonjol, kita bisa mendapatkan tiga kategori:
  • Kinaesthetic: yaitu manusia-manusia yang unggul secara kekuatan fisik, mereka berpotensi dalam peran-peran yang memerlukan fisik lebih.
  • Sociable: yaitu manusia-manusia yang unggul dalam pergaulan sosial, mereka berpotensi dalam peran-peran kepemimpinan dan kemanusiaan.
  • Intellectual: yaitu manusia-manusia yang unggul dalam bidang kecerdasan, mereka berpotensi dalam peran-peran teknis yang memerlukan kapasitas mental yang memadai.
Termasuk yang manakah Anda? J


GARIS BESAR MENEMUKAN DAN MENGEMBANGKAN POTENSI ANDA SECARA MAKSIMAL
Apakah Anda sudah menemukan potensi Anda yang sebenarnya?

Tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah hal yang paling Anda sukai dan minati untuk dilakukan dan pada saat melakukannya Anda bisa menikmatinya sepenuhnya. Lalu, bagaimana Anda menjadikan kesukaan dan minat Anda itu bisa bermanfaat bagi kehidupan Anda dan orang lain?

Setelah Anda menemukannya dan menjadikannya bisa bermanfaat bagi kehidupan, bagaimana Anda bisa mengembangkan potensi itu secara maksimal?

Mudah saja, fokuskan sebagian besar waktu Anda untuk itu dan tinggalkan apa-apa yang tidak relevan dengan pencapaian potensi Anda.
Anda bisa membaca tips mengatur waktu disini

Semoga bermanfaat J



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What do you think?? Share it here :)