Sabtu, 10 November 2012

5 Keterampilan Hidup yang Seharusnya Diajarkan di Sekolah

Sekolah-sekolah jaman sekarang terlalu menekankan agar siswa-siswinya memiliki ilmu dan kemampuan akademik yang baik. Padahal ilmu dan kemampuan akademik belum tentu bermanfaat untuk kehidupan para siswanya dalam jangka panjang, ya kan?

Menurut saya, sekolah seharusnya mendahulukan apa yang lebih urgen dan lebih penting, yaitu, keterampilan hidup. Lagipula, ilmu dan kemampuan akademik sebenarnya bisa diajarkan dalam waktu singkat (asal dengan cara yang tepat). Sedangkan keterampilan biasanya butuh waktu yang lebih lama untuk berhasil dipelajari.

Ya. Keterampilan hidup. Keterampilan hidup lebih bermanfaat untuk jangka panjang siswa-siswi sekolah. Keterampilan hidup layak untuk diajarkan pada siswa-siswi sedari usia dini. Ketika minat mereka benar-benar telah berkembang dan potensi mereka mulai terlihat arah tujuannya baru lah diajarkan dengan ilmu akademik yang lebih kompleks. Itu pun disesuaikan dengan minat dan potensi masing-masing siswa-siswi.

Oke, back to topic. Inilah 5 keterampilan hidup yang seharusnya diajarkan di sekolah:


  1. Keterampilan Menentukan Prioritas. Keterampilan ini merupakan keterampilan yang paling pantas diberi prioritas. Berapa banyak orang yang tidak karuan hidupnya ketika ia tidak mampu menentukan prioritas? Prioritas dapat diterapkan dalam apa saja: waktu, aktifitas, pilihan, dlsb. Ada hal yang bisa diukur dalam skala prioritas ada hal-hal yang seharusnya dibuang dari skala prioritas.  
  2. Keterampilan Berfikir Kritis. Inti dari berfikir kritis adalah memikirkan sesuatu untuk kedua kalinya. Banyak orang yang tidak memiliki keterampilan ini (tentunya karena tidak diajari dan dilatih) dan akhirnya jatuh dalam jurang kecerobohannya sendiri.
  3. Keterampilan Mengelola Keuangan dan Harta Benda. Ah uang. Sulit dibayangkan seperti apa manusia hidup tanpa uang. Sama sulitnya membayangkan bagaimana manusia hidup tanpa benda sama sekali. Bisa dibilang hidup manusia itu tidak terlepas dari uang dan harta benda. Namun banyak sekali kita melihat orang tidak pandai mengelola keuangan dan harta bendanya. Mengelola keuangan dan harta benda bukan berarti menjadi pelit, namun bagaimana bertindak bijak dengan uang dan harta benda. Saya rasa keterampilan ini wajib untuk setiap orang.
  4. Keterampilan Komunikasi dan Negosiasi yang Baik. Siapa yang tidak butuh berkomunikasi dengan orang lain atau bernegosiasi? Saya yakin semua manusia waras bisa berkomunikasi dan bernegosiasi. Hanya saja tidak cukup baik. Komunikasi dan negosiasi yang baik adalah komunikasi dan negosiasi yang membawa manfaat luas, bukan malah kerugian dan sakit hati.
  5. Keterampilan Menulis. Mau tak mau setiap pelaku profesi apapun perlu keterampilan menulis. Menulis yang baik adalah bagaimana si penulis mampu mengungkapkan pikirannya sejelas-jelasnya dan dapat dimengerti dengan sempurna oleh pembacanya. Menulis rangkaian huruf memang mudah, tapi dibutuhkan keterampilan untuk menghasilkan rangkaian huruf yang berkualitas dan berbobot. Tidak ada orang yang suka membaca tulisan yang kacau balau dan tidak berkualitas kan? ;)


2 komentar:

  1. terima kasih, artikel yang sangat bermanfaat.
    salam kenal ya mbak Ella

    BalasHapus

What do you think?? Share it here :)