Minggu, 18 November 2012

Penyakit Reproduktif yang Sering Menjangkiti Kaum Wanita Masa Kini


Di jaman modern ini banyak penyakit yang begitu lazim menjangkiti kaum wanita. Penyakit-penyakit ini banyak yang muncul akibat konsumsi bahan makanan yang berbahaya (terutama bahan makanan sintetik yang sudah tidak asli lagi dari alam), dari pola hidup yang keliru, atau cara pergaulan.
Untuk berhati-hati ada baiknya Anda mengetahui ciri-ciri dan gejala-gejala penyakit-penyakit tersebut. Kemudian melakukan langkah antisipasi yang tepat. Oleh karena itu disini saya akan memberi sedikit informasi apa saja penyakit yang sering menjangkiti kaum wanita:
  • Kanker Serviks

§  Penyebabnya: Infeksi Virus HPV tipe 16 dan 18
§  Infeksi virus ini dapat terjadi karena: sering melakukan aktivitas seksual saat usia terlalu muda (di bawah 20 tahun), memiliki banyak pasangan seksual (gonta-ganti pasangan), terlalu banyak melahirkan, atau sering merokok (merokok dapat menyebabkan sel-sel berkembang terus secara abnormal)
§  Tanda-tandanya: produksi cairan vagina banyak dan berbau menyengat, perdarahan pervaginam banyak dan lama, keluar darah ketika berhubungan seks ( contact bleeding), nyeri ketika berkemih, dan/atau kencing darah
§  Penanganan: Sebaiknya anda mendatangi dokter kandungan untuk dilakukan PAPSMEAR (jika masih ragu-ragu apakah itu Kanker Serviks atau bukan) dan Histopatologi jaringan biopsi (jika sudah yakin itu adalah Kanker Serviks).
  • Fibroadenoma (Tumor Payudara)

·         Adalah: tumor jinak yang sering terjadi pada wanita usia 20-30 tahun. Muncul akibat dari pertumbuhan sel secara berlebihan dari lobulus yang diliputi jaringan ikat fibrous pada payudara.
·         Ciri-cirinya: tumornya biasanya berbentuk bulat, sering kali ditemukan di kuadran kanan atas payudara, mudah digerakkan, diameter umumnya kurang dari 3 cm namun adakalanya bisa mencapai seukuran jeruk lemon (10-15 cm). Kadang dijumpai benjolan selama siklus menstruasi, namun tidak berubah ukuran selama siklus haid.,
·         Untuk diagnosa: selain palpasi sendiri diperlukan  tindakan : Mammografi/ USG / MRI.
  • Mioma Uteri

·         Adalah: tumor jinak yang lambat pertumbuhannya dan berasal dari jaringan myometrium (di dalam uterus/rahim).
·         Tandanya-tandanya: perdarahan abnormal, nyeri pada saat haid (disminorhea), dan nyeri pada punggung. Jika tumor membesar bengkak pada ektremitas bawah, maka akan ada rasa penuh dalam pelviks/panggul, sering kencing, mual dan muntah.
·         Untuk diagnosa: USG
·         Penanganan: bila mioma terus membesar segera lakukan operasi (miomektomi), jika telah penyakit parah dengan perdarahan hebat dan mengobstruksi fungsi normal organ lain harus dilakukan histerektomi (pengangkatan rahim).

Tips bagi kaum wanita:

 Mari jaga diri kita dengan sebaik mungkin. Hati-hati dengan berbagai makanan, jika ada kesempatan, luangkan waktu untuk memeriksakan diri ke dokter (terutama dokter kandungan) sebagai pencegahan. Tambahan untuk point B: setiap Anda selesai menstruasi periksalah payudara Anda sendiri dengan cara menghadap cermin, pandang apakah antara payudara yang satu dengan yang satunya seimbang bentuknya, kemudian palpasi apakah ada pembesaran atau tidak. Mudah bukan???


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What do you think?? Share it here :)