Jumat, 09 November 2012

Reticular Activating System (RAS)


Reticular Activating System (RAS) adalah suatu bagian otak manusia yang berupa struktur longgar neuron yang menghubungkan jaringan saraf tulang belakang dan seluruh bagian otak.

RAS disebut-sebut mengontrol siklus tidur-terjaga, koordinasi respon terhadap stimuli dunia luar, serta fokus perhatian manusia. RAS juga berfungsi sebagai penyaring (filter) untuk otak. RAS menjaga agar otak tidak overloaded dengan informasi dari kelima panca indera dengan cara memilah-milah, meng-generalisasi, atau membuang "data-data" yang tidak sesuai dengan Kriteria RAS.

Secara garis besar fungsi RAS bagi otak ada dua: menyaring input & mengkoordinasi output

Untuk bisa menyaring stimuli dari dunia luar, ada yang dinamakan Kriteria RAS. Ada dua kategori pembentuk Kriteria RAS:

  1. Belief System. Termasuk keyakinan, nilai yang dianut, (objek) cinta dan (objek) benci, citra diri, cita-cita, dan keragu-raguan.
  2. Social-Animal Needs. Termasuk tanda-tanda vital tubuh, struktur sistem saraf, naluri bertahan hidup, naluri teritorial, naluri konfirmasi sosial, rasa takut dan waswas, dsb.

Pembentuk Kriteria RAS ini akan membentuk semacam kriteria penyaringan. Yang dengan kriteria penyaringan ini, RAS hanya akan meloloskan kira-kira 40 ribu bit listrik dari 2 juta bit listrik yang akan disampaikan ke otak dalam jangka waktu 1 detik. Informasi bit listrik yang tidak relevan dengan kriteria RAS akan "dibuang". Penyaringan ini lah yang menjaga otak manusia tetap waras, dan juga membatasi fokus perhatian manusia dari waktu ke waktu.
O ya, Kriteria RAS berubah-ubah dari waktu ke waktu, tergantung situasi yang bersangkutan.


CONTOH-CONTOH KERJA RAS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

  • Contoh 1: Anda bertemu dengan teman Anda di suatu tempat yang sangat ramai (wherever lah tempatnya terserah Anda). Orang-orang berdesak-desakan dan mengobrol satu sama lain, membuat area itu bising minta ampun. Anda memutuskan mengobrol suatu hal dengan teman Anda. Meskipun area itu sangat bising, Anda berdua tetap bisa saling mendengar dan berkomunikasi. Mengapa? Itu karena Kriteria RAS Anda di-set untuk menganggap komunikasi dengan teman Anda (untuk saat itu) lebih penting daripada yang lainnya. Oleh karena itu, input dari telinga Anda disaring oleh RAS dengan hanya meloloskan suara teman Anda dan membuang segala input kebisingan yang lain. Input dari mata Anda juga mungkin akan disaring oleh RAS sehingga hanya penglihatan Anda pada teman Anda yang diloloskan (jika RAS Anda di-set agar memberikan perhatian penuh pada teman Anda dengan seluruh panca indera sih).
  • Contoh 2: Masih pada setting yang sama dengan pada contoh 1. Anda dan teman Anda sibuk mengobrol, tapi kali ini Kriteria RAS Anda di-set untuk tidak perlu memperhatikan penampilan atau bau teman Anda, hanya suaranya saja. Maka Anda pun ngobrol dengan teman Anda namun penglihatan Anda kesana-kemari, kadang ke teman Anda, kadang ke orang-orang, kadang ke objek-objek lain di sekitar Anda. Di antara kerumunan orang Anda melihat seorang lawan jenis yang, ehm, langsung menarik perhatian mata Anda. Itu adalah tanda bahwa Kriteria RAS Anda sedang banyak dipengaruhi oleh Sexual Need, mungkin karena Anda sedang mencari jodoh?
  • Contoh 3: Anda sedang mencari sebuah kunci kecil di dalam tas Anda yang penuh dengan barang-barang. Kriteria RAS Anda di-set untuk fokus pada benda kecil tersebut. Maka RAS Anda akan meng-koordinasi tangan dan/atau mata Anda untuk mencari benda itu dan mengabaikan benda-benda yang lain.
  • Contoh 4: Pada suatu waktu, Anda melihat suatu iklan jamu anti masuk angin pada suatu billboard di pinggir jalan. Iklan tersebut mempunyai suatu slogan yang lucu dan mudah diingat. Anda membaca slogan itu sekilas, tertawa kecil sebentar, dan mungkin segera melupakannya. Esok harinya dan seterusnya Anda melewati iklan itu lagi. Anda membacanya dan segera mengenali iklan tersebut, namun Anda tidak tertawa lagi. Kriteria RAS Anda menganggap informasi tersebut kurang penting. Selain karena Anda tidak membutuhkan informasi tersebut pada saat itu, memori Anda juga telah pernah menyimpan informasi yang cukup tentang iklan tersebut setelah melewatinya beberapa kali. Maka RAS Anda menghentikan input tentang iklan tersebut untuk masuk dan segera membuangnya.
  • Contoh 5: Lanjutan dari contoh 4. Suatu waktu Anda kena masuk angin. Maka Anda teringat tentang iklan jamu masuk angin yang pernah Anda lihat tersebut. Dan mungkin Anda pun segera mencarinya (atau tidak. Yah, keputusan manusia sulit diprediksi, kan?). Kriteria RAS Anda telah berubah disebabkan ada tanda vital tubuh Anda yang terganggu.

2 komentar:

What do you think?? Share it here :)