Minggu, 18 November 2012

Tips-tips Berhenti Merokok


Taukah anda Rokok adalah NARKOBA!?
Rokok dapat dimasukkan dalam definisi narkoba. Di dalam pengertian narkoba, terdapat 3 kelompok zat adiktif yaitu; narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya. Nikotin yang merupakan salah satu komponen rokok merupakan zat psikotropika stimultant. Jadi sesungguhnya rokok itu adalah   narkoba juga. Bedanya rokok dilegalkan sedangkan narkoba diharamkan.
Rokok adalah satu-satunya narkoba yang dapat menyerang orang yang tidak turut menggunakannya. Beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa perokok pasif memiliki resiko yang kurang lebih sama dengan perokok aktif untuk menderita jantung koroner, saluran nafas, katarak, dan bahkan kanker paru-paru. Sehingga tidak disangsikan bahwa rokok lebih berbahaya dibandingkan narkoba jenis lainnya.
Jika Anda adalah perokok berat maupun ringan dan berusaha untuk berhenti merokok, disini saya memberikan beberapa cara untuk meningkatkan peluang Anda berhasil berhenti merokok:
1.    Kurangi jumlah batang rokok yang dihisap per hari
Kurangi secara bertahap. Misalnya mengurangi jumlah batang mulai 2 batang perhari selama 1 minggu. Kemudian mengurangi jumlah batang pada minggu berikutnya.
2.    Kurangi kadar Nikotin per-batang rokok yang dihisap setiap hari
Setelah mengurangi batang, pada minggu berikutnya berusaha mengganti merk rokok dengan kadar tar dan nikotin yang lebih rendah
3.    Jauhilah segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan merokok
Misalnya asbak, korek api, rokok, bungkus rokok dsb.
4.    Kenali keadaan yang berkaitan dengan kebiasaan merokok Anda
Misalnya setelah makan, waktu stress, sibuk kerja, saat santai, dll
5.    Jauhi tempat dimana ada banyak perokok
Godaan terbesar untuk merokok lagi adalah ketika pergi ke tempat dimana orang/teman biasa merokok.
6.    Gantilah kebiasaan pegang rokok
Dengan memegang benda lain seperti bolpoin/pensil di jari anda atau HP untuk mengalihkan perhatian
7.    Catat kemajuan Anda mengurangi rokok
Yang penting dilakukan adalah menetapkan kapan anda akan benar-benar meninggalkan rokok. Sementara itu catat setiap batang rokok yang anda isap, dimana dan dalam kondisi apa.
8.    Giat berolah raga
Untuk menyeimbangkan metabolisme tubuh, olahraga merupakan cara yang efektif untuk mengurangi ketergantungan terhadap rokok.
9.    Kurangi tidur larut malam
Tidur larut malam biasanya lebih enak sambil merokok. Oleh karena itu, perlu mengatur waktu lembur supaya tidak terlalu malam.
10.  Minum sari jeruk
Bagian paling sulit adalah ketika Anda harus mengatasi reaksi-reaksi akibat hilangnya asupan nikotin. Ini bisa berlangsung selama satu atau dua pekan. Tetapi Anda akan lebih mudah mengatasi reaksi-reaksi seperti mudah tersinggung, cemas, bingung, sulit konsentrasi, dan sulit tidur akibat menghentikan asupan secara jauh lebih cepat apabila  Anda banyak meminum sari jeruk selama masa itu.
11.  Kuatkan niat untuk berhenti merokok dan tetapkan tanggal kapan akan berhenti sepenuhnya
Setelah itu berkunjungnlah ke dokter (Klinik berhenti merokok) untuk meminta jalan keluar dari kerergantungan merokok.
12.  Minta orang terdekat untuk mendukung usaha Anda
Kiat ini sangat ampun karena bagaimanapun orang terdekat adalah bagian dari hidup kita. Jadi, kita tidak ingin orang yang kita sayangi sakit karena rokok,. Untuk itu Anda-lah yang bisa menjawabnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What do you think?? Share it here :)